INDONESIA AJAK DUNIA ATASI PERUBAHAN

sumber: siaran pers DKP

No.  24/PDSI/II/2009


INDONESIA AJAK DUNIA ATASI PERUBAHAN IKLIM TERHADAP LAUT

Berbekal pengalaman menggalang kerjasama kelautan tingkat regional, Indonesia  mengambil langkah strategis untuk menghimpun kekuatan kelautan dunia, mengantisipasi dampak perubahan iklim global terhadap laut. Bentuk nyata dari ide tersebut, diselenggarakan acara World Ocean Conference 2009 yang akan dilaksanakan di Manado pada 11-15 Mei 2009.

Kegiatan World Ocean Conference 2009 (WOC 2009) merupakan tantangan bagi Indonesia untuk tampil sebagai salah satu negara unggulan di bidang kelautan dunia. Dengan mengambil tema Ocean & Climate Change, dan topiknya adalah “Ocean Impact to Climate Change & The Role of Ocean to Climate Change” akan membuat rancangan strategis. Dengan hadirnya 121 negara yang memiliki laut, diharapkan menyepakati Manado Ocean Declaration (MOD) pada WOC 2009, dan akan ditindaklanjuti dengan Rencana Aksi dan Implementasi Aksi. Disamping itu, akan diusulkan pembentukan World Ocean Forum.

Hari ini Kamis, 26 Februari 2009,diselenggarakan Konsultasi Informal WOC 2009 dengan agenda memantapkan draft Menado Ocean Declaration (MOD) yang diikuti delegasi dari 42 negara di Timor Room, Hotel Borobudur, Jakarta.

Idea ini telah ditetapkan sebagai program prioritas Pemerintah Indonesia. Dibentuklah panitia World Ocean Conference 2009, bertindak sebagai Ketua Pengarah adalah Menko. Kesra; Ketua Pelaksana dijabat Menteri Kelautan dan Perikanan, Wakil Ketua adalah Gubernur Sulawesi Utara, sedang Sekretaris dijabat Sekretaris Menko Kesra dan Wakil Sekretaris adalah Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan-DKP.

Selain konperensinya sendiri, yang akan dihadiri sekitar 500 peserta dari 121 Negara, maka akan ada side events WOC’09, seperti International Ocean Science, Technology & Policy Symposium, yang akan menggelar 33 sesi dan  diikuti sekitar 1500 peserta dari seluruh dunia, bertempat di Manado Convention Center. Kemudian diselenggarakan pula International Ocean Science, Technology and Industry Exhibition, yang akan diisi sekitar 250 stand pameran kelautan dan perikanan. Juga akan berlangsung Pekan Budaya dan Pameran Pembangunan yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Lebih penting lagi, ada satu serial event WOC’09, berlangsung pada 15 Mei 2009, yaitu Coral Triangle Initative Summit (CTI Summit), yang merupakan pertemuan para kepala Negara CTI, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, PNG, Timor Leste dan Kepulauan Solomon, serta mitra CTI dari Perdana Menteri Australia dan  Amerika Serikat.

Saat CTI Summit ini, maka implementasi program-program CTI di 6 negara, dalam rangka penyelamatan terumbu karang seluas 75.000 kilometer persegi dengan dana hibah internasional sebesar US$ 250 juta, akan dicanangkan pelaksanaannya oleh para Pimpinan 6 Negara tadi. Guna mensukseskan CTI Summit, maka pada 23 Desember 2008 lalu Presiden SBY menandatangani Keppres khusus untuk pelaksanaan CTI Summit, yaitu Keppres No. 30/ Th. 2008, yang menyatakan bahwa CTI Summit adalah bagian dari rangkaian kegiatan WOC’09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s