Penyu Untuk Indonesia – Headline News


http://www.metrotvnews.com/read/newscatvideo/sosbud/2011/02/10/122204/Metro-TV-untuk-Pelestarian-Penyu
MELIHAT nasib satwa penyu yang jumlahnya kian menyusut baik dari populasi maupun jenisnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar program bertajuk ‘Penyu untuk Indonesia’ yang diresmikan pada Rabu (9/2).

Program yang digelar ADM bekerjasama dengan MetroTV, National Geographic Indonesia, AutoBild Indonesia, MRA Media Group dan Harian Seputar Indonesia ini dilatar belakangi oleh adanya kesamaan visi dalam pelestarian lingkungan yang dimiliki oleh kelima perusahaan tersebut.

Dalam hal ini, penyu dipilih karena enam dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia memiliki habitat di Indonesia, yaitu penyu belimbing (dermochelys coriacea), penyu hijau (chelonia mydas), penyu sisik (eretmochelys imbricata), penyu tempayan (caretta caretta), penyu pipih (natator depressus) dan penyu lekang (lepidochelys olivacea).

Tragisnya, hewan yang merupakan salah satu jenis reptil peninggalan zaman purbakala itu kian langka populasinya akibat proses seleksi alam, namun yang paling parah disebabkan oleh perilaku manusia.

Kasubid Konservasi Kawasan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Rianto Basuki yang hadir dalam acara itu mengatakan, “Penyu tertua yang pernah ditemukan memiliki usia 162 tahun. Meskipun memiliki umur yang panjang, hewan ini memiliki kemungkinan hidup yang sangat minim akibat seleksi alam. Menurut penelitian, dari 1.000 telur yang menetas, hanya 1 yang dapat mencapai dewasa hingga usia 20-50 tahun.”

Sejak dari masih jadi telur, lanjutnya, ancaman sudah menghadang dari para predator seperti tikus, musang dan sebagainya. Ketika telur menetas menjadi tukik dan keluar sarang menuju laut, ancaman lain sudah menanti dari biawak, burung elang dan berbagai predator lain. Begitu pula saat tukik masuk dalam air.

Keunikan lain dari hewan luar biasa ini ada pada kemampuan migrasi yang sanggup menjelajah hingga mencapai jarak hampir 5.000 km dari tempat ia ditetaskan. Dan yang paling menakjubkan adalah, hewan ini pasti akan kembali ke tempat ia ditetaskan saat musim bertelur antara usia 20-50 tahun untuk meletakkan telur-telur mereka.

Riyanto Basuki juga menambahkan bahwa alasan lain pentingnya melestarikan penyu adalah untuk menyeimbangkan ekosistem alam. Jika penyu-penyu ini punah, maka terdapat rantai makanan yang terputus dan berdampak secara luas pada ekosistem.

Dalam upaya melestarikan penyu, program ‘Penyu untuk Indonesia’ dikemas dalam konsep ‘fund raising’ berupa penggalangan dana dari para donatur mulai dari para pelanggan dan komunitas maupun masyarakat umum dengan cara adopsi dan donasi.

Maksudnya para donatur diharapkan untuk ‘mengadopsi’ boneka penyu yang lucu dengan menyumbang sebesar Rp50 ribu. Seluruh dana yang terkumpul langsung dikumpulkan di rekening Bank BCA cabang Wahid Hasyim bernomor rekening 478-302-2730 atas nama PT Media Nusantara Informasi.

Dana tersebut kemudian di salurkan ke-5 lokasi konservasi penyu yaitu di Pantai Pangumbahan-Ujung Genteng, Prancak-Bali, Alas Purwo-Banyuwangi Selatan, Way Tembulih-Lampung Barat dan Pulau Berau-Derawan-Kalimnatan Timur.

Mewakili Daihatsu, Suparno Djasmin mengatakan,”Kami memperkirakan program ini akan mendatangkan dana dengan target awal sekitar Rp750 juta dari pengadopsi dan donatur, di mana dana yang terkumpul akan disumbangkan dalam bentuk bahan dan peralatan pendukung operasional di 5 lokasi konservasi terpilih,”

Program ini merupakan program terintegrasi selama satu tahun yang diawali dengan acara ‘kick off’ yang akan berlangsung 12 Februari di lokasi konservasi penyu Ujung Genteng-Sukabumi.

Selama perjalan ke lokasi tersebut, 100 orang peserta yang merupakan perwakilan dari komunitas Daihatsu dan perwakilan dari penyelenggara program ini, dapat merasakan kenyamanan dan ketangguhan Daihatsu Luxio dan The New Terios.

Sesampainya di lokasi, mereka akan mendapatkan sosialisasi sekaligus melihat langsung program pelestarian penyu. Harapannya, mereka akan dapat menjadi endorser/agen penggerak kampanye untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program ‘Penyu untuk Indonesia’. (OL-07)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s