CoPas Media: Ngotot Teruskan Coremap Lanjutan

JAKARTA – Program Coremap I dan II telah usai. Kini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bahkan tengah mempersiapkan program lanjutan tahap institusionalisasi yang diintegrasikan dengan program inisiasi segitiga karang. Program yang bertujuan sebagai upaya rehabilitasi pengelolaan terumbu karang di Indonesia itu sempat mendapat sejumlah kritikan dari berbagai pihak.

Termasuk kritik pedas dari Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA). Pihak KKP tetap ngotot melanjutkan. ’’Terumbu karang harus dilindungi dan di lestarikan dengan upaya rehabilitasi secara alami. Melalui program ini, kesadaran masyarakat digugah untuk turut berpatisipasi dalam menjaga dan me manfaatkan Sumber Daya Alam secara arif dan bijaksana.

Masyarakat diberikan alternatif mata pencaharian, sehingga terjadi penurunan tekanan terhadap terumbu karang,’’ tutur Sudirman Saad, Dirjen KP3K KKP, kemarin. Upaya pengelolaan sumber daya di wilayah perairan laut, salah satunya dilakukan melalui pembentukan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) dan Daerah Perlindungan Laut (DPL) yang fungsinya sebagai tabungan ikan.

Hal ini juga mendukung pengelolaan perikanan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. Program tersebut sekaligus merespon komitmen Presiden SBY dalam pelaksanaan Coral Triangle Initiative for Food Security and Fisheries (CTICFF).

Dan dengan keberhasilan program Coremap diharapkan bisa menjadi dorongan bagi internasional untuk juga mendukung komitmen rehabilitasi sumber daya kelautan. Coremap II fokus pada upaya mendorong partisipasi dan perubahan perilaku manusia, penguatan SDM dan kelembagaan, serta pengelolaan sumber daya terumbu karang berbasis masyarakat.

Sebelumnya, KIARA membeberkan adanya temuan fakta dari auditor BPK terhadap desain dan pelaksanaan kegiatan pengelolaan terumbu karang Coremap II. Menurut KIARA, terjadi sejumlah penyimpangan dalam program tersebut. Antara lain, belum sesuai dengan kebutuhan mata pencaharian alternatif, dana bergulir, pembangunan, dan pemanfaatan prasarana sosial. (nel)

 

sumber: http://www.indopos.co.id/2014/04/ngotot-teruskan-coremap-lanjutan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s