CoPas Media: Negara Anggota CTI-CFF Presentasikan CTMPAS di Manado

Manado, 13/5 (Antara) – Enam negara anggota “Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security” (CTI-CFF) mempresentasikan kawasan konservasi perairan laut segitiga terumbu karang (CTMPAS). 

“Presentasi dimulai oleh Indonesia, yang diwakili oleh Ahsanal Kasasiah, yang mempresentasikan tentang Taman Nasional Wakatobi,” kata Ketua Sekretariat Regional Interim CTI-CFF Sjarief Widjaja di Manado, Selasa. 

Sjarief mengatakan Ahsanal Kasasiah, mempresentasikan Wakatobi yang menjadi area konservasi sejak 1996 dan jadi taman nasional laut pada 2002. 

“Termasuk upaya pemerintah dan berbagai perlakuan bagi wilayah termasuk, dan bagaimana keuntungan yang didapatkan masyarakat di kawasan konservasi tersebut,” katanya.

Setelah itu menurut Sjarief, perwakilan dari Malaysia mempresentasikan tentang pulau penyu, yang berada di wilayah Sabah Malaysia dan dideklarasikan sejak Oktober 1977, dengan berbagai kelebihan serta program dan perlakukan bagi area tersebut. 

Kemudian menurut Sjarief, perwakilan dari Filipina Angelico Songco, mempresentasikan tentang taman laut Tubbataha, kapan berdirinya lokasi, serta bagaimana perlakuan terhadap wilayah tersebut. 

“Termasuk keuntungan bagi masyarakat di kawasan tersebut juga disampaikan, dan kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir tersebut,” katanya. 

Setelah itu menuru Sjarief, perwakilan dari Papua New Gini, mempresentasikan tentang taman laut Tarobi, yang didukung oleh laut Kimba dengan segala perlakuan yang diberikan pemerintah di kawasan tersebut, termasuk keuntungan masyarakat. 

Kemudian perwakilan dari Kepulauan Salomon mempresentasikan Kawasan konservasi laut Zinoa, yang berdiri sejak 2004, yang merupakan lokasi karang-karang cantik, dan berbagai isu tentang perlindungannya, mulai dari ekploitasi laut, hingga perubahan cuaca.

Terakhir adalah presentasi dari Timor Leste, yang mempresentasikan taman nasional laut Nino Konis Santana yang luasannya mencapai 123.600 hektar, termasuk semua yang dilakukan pemerintah untuk mendatangkan keuntungan bagi warga pesisir di Kawasan tersebut,. Keenam negara anggota CTI adalah Indonesia, Malaysia, Papua New Guini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste .

Sumber: http://manado.antaranews.com/m/berita/21111/negara-anggota-cti-cff-presentasikan-ctmpas-di-manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s