CoPas Media: Target KKP, 20 Juta Hektar Kawasan Konservasi Laut

Target KKP, 20 Juta Hektar Kawasan Konservasi Laut

Kamis, 08 Januari 2015 18:31 WIB

23

JAKARTA (HN) -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menargetkan 20 juta hektar untuk membuat kawasan konservasi laut pada tahun 2020. Hal tersebut disampaikan Direktur Kawasan Konservasi dan Jenis Ikan KKP, Agus Dermawan.
Target 20 juta hektar tersebut dilakukan karena pada saat ini kawasan konservasi laut di Indonesia sudah mencapai 16,4 juta hektar. Sekiranya masih kurang 3,5 juta hektar lagi yang akan dipenuhi pihaknya dalam kurun empat tahun lagi.
“Target memang tahun 2020 tapi sebisa mungkin akan kita percepat satu tahun sebelumnya yaitu tahun 2019 untuk mencapai 20 juta hektar kawasan konservasi laut tersebut,” ungkap Agus di KKP, Jakarta Pusat.
Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa untuk mencapai target tersebut, pada tahun 2015 ini pemerintah akan mengeluarkan anggaran sebesar Rp 197 Miliar untuk kelanjutan program konservasi kawasan laut di tingkat Provinsi dan Kabupaten.
Ia juga mengatakan untuk mencapai target tersebut tidaklah mustahil, pasalnya tiap tahunnya KKP sudah memiliki road map untuk penambahan kawasan laut yang akan dijadikan konservasi. Bahkan pada tahun 2014, pencapaian perluasan kawasan konservasi laut sudah melewati target dari KKP.
“Tahun 2014 itu target kita itu 500 ribu hektar untuk memperluas kawasan konservasi laut, tapi ternyata pencapaian kita untuk konservasi laut mencapai 875.492,47 hektar. Jadinya kan sudah melampaui target kita,” tutur Agus.
Ia melanjutkan, pencapaian tersebut terjadi atas bantuan dari 13 Kabupaten dan satu Provinsi di Indonesia yang sudah melakukan penambahan kawasan konservasi laut di daerahnya.
“Menjadi suatu komitmen yang tinggi bagi mereka untuk mencapai target tersebut. Satu Provinsi itu ialah Sulawesi Tenggara yang telah melakukan konservasi dengan luas sekitar 10,3 ribu hektar,” paparnya.
Ditambahkan Agus, pembuatan kawasan konservasi laut ini merupakan sebuah komitmen dunia yang mengharuskan sepuluh persen dari luas laut teritorial di suatu negara untuk dibuatkan kawasan konservasi laut di dalamnya.
“Malahan Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) mintanya kawasan konservasi laut di Indonesia mencapai 70 persen, bukan sepuluh persen lagi. Kalau begitu sepertinya target 20 juta hektar ini belum mencukupi untuk memenuhi keinginan Bu Susi,” ujarnya.
Untuk memenuhi keinginan dari Menteri Susi, pihaknya akan merencanakan akan memperluas kawasan konservasi tersebut sebanyak 21 juta hektar di tahun 2030.

Reportase : Bonita Ningsih
Editor : Sandi Prastanto
sumber: http://harnas.co/2015/01/08/target-kkp-20-juta-hektar-kawasan-konservasi-laut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s